Data berikut adalah mengenai tinggi
anak laki – laki pertama (X) dan tinggi ayah (Y) dinyatakan dalam cm
Tinggi
anak
|
Tinggi
ayah
|
Beda
(B)
|
B2
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
158
160
163
157
154
164
169
158
162
161
|
161
159
162
160
156
159
163
160
158
160
|
-3
1
1
-3
-2
5
6
-2
4
1
|
9
1
1
9
4
25
36
4
16
1
|
Jumlah
|
8
|
106
|
Berapakah tafsiran beda rata –
rata tinggi anak dan tinggi ayah, dengan interfal kepercayaan 95%.
dalam menaksir selisih rata rata,
silahkan anda masukan daftar tinggi badan tersebut kedalam SPSS.
@ pilih menu ananlyze – compere
means
@ pilih Paired – Samples T test
@ masukan tinggi anak pada variabel
1 dan tinggi ayah pada variabel 2
@ pilih menu options dan masukan
interval kepercayaan 95%.
@ pilih ok.
lalu hasilnya akan muncul, dan pada
bagian kolom upper itulah batas atasnya dan pada bagian lowwer adalah batas
bawah tafsiran beda rata – rata, sehingga pada contoh kali ini didapat nilai
sebesar – 1,57 dan 3,17
Data berikut adalah mengenai tinggi
anak laki – laki pertama (X) dan tinggi ayah (Y) dinyatakan dalam cm
Tinggi
anak
|
Tinggi
ayah
|
Beda
(B)
|
B2
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
158
160
163
157
154
164
169
158
162
161
|
161
159
162
160
156
159
163
160
158
160
|
-3
1
1
-3
-2
5
6
-2
4
1
|
9
1
1
9
4
25
36
4
16
1
|
Jumlah
|
8
|
106
|
Berapakah tafsiran beda rata –
rata tinggi anak dan tinggi ayah, dengan interfal kepercayaan 95%.
dalam menaksir selisih rata rata,
silahkan anda masukan daftar tinggi badan tersebut kedalam SPSS.
@ pilih menu ananlyze – compere
means
@ pilih Paired – Samples T test
@ masukan tinggi anak pada variabel
1 dan tinggi ayah pada variabel 2
@ pilih menu options dan masukan
interval kepercayaan 95%.
@ pilih ok.
lalu hasilnya akan muncul, dan pada
bagian kolom upper itulah batas atasnya dan pada bagian lowwer adalah batas
bawah tafsiran beda rata – rata, sehingga pada contoh kali ini didapat nilai
sebesar – 1,57 dan 3,17
Dari hasil pembelajaran di tiga
kelas dengan metode yang berbeda.Ingin diketahui apakah ada perbedaan
prestasi belajar yang dihasilkan berdasar metode pembelajaran yang digunakan .
Data hasil penelitian diberikan sebagai berikut:
siswa
|
Kelas
A
|
Kelas
B
|
Kelas
C
|
1
|
68
|
80
|
73
|
2
|
64
|
80
|
75
|
3
|
60
|
78
|
80
|
4
|
68
|
76
|
77
|
5
|
68
|
96
|
69
|
6
|
68
|
84
|
82
|
7
|
68
|
80
|
74
|
8
|
60
|
92
|
75
|
9
|
56
|
88
|
78
|
10
|
64
|
80
|
79
|
11
|
60
|
88
|
75
|
12
|
76
|
76
|
75
|
13
|
64
|
76
|
78
|
14
|
60
|
76
|
79
|
a. Dari data diatas ujilah, apakah
masing masing kelas mencapai standar ketentuan 75?
b. Apakah berbeda prestasi belajar
antara kelas A & kelas B?
Penyelesaian.
Penyelesaian denangan menggunakan
spss, Silahkan anda masukan semua data tadi kedalam spss. Cara memasukan
datanya sama seperti ketika menaksir selisih rata rata.
sebelumnya kita tentukan
hipotesisnya dulu.
H0 : xbar = 75
H1 : xbar <75
H1 : xbar <75
Selanjutnya silahkan anda pilih
analize, comparemeans, one sampel T-test. Selanjutnya masukan variabel clas A
pada komol test variabel, dan masukan angka 75 sebagai parameter dalam kolom
tast value.pilih ok.maka akan muncul tabel seperti dibawah ini.
JANGAN LUPA CANTUMKAN KODE ANDA
(Kode Anda adalah 3 Angka terakhir NPM anda )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar